Jumat, 25 Desember 2015

Manfaat Labu Kuning







Kandungan Gizi dan Manfaat Labu Kuning :

Berat buah labu kuning bisa mencapai 3-5 kg. Biasanya buah ini memiliki warna hijau dan warna kuning pucat. Buah Labu kuning atau yang berwarna orange memiliki karotenoid yang sangat tinggi. Karotenoid dalam buah labu sebagian besar memiliki beta-carotene yang merupakan sumber antioksidan, yang mampu mencegah penuaan dini dan kanker.


  • Menjaga kesehatan mata
Labu mengandung senyawa beta-karoten, antioksidan, lutein dan zeaxanthin. Nutrisi ini bermanfaat menangkal radikal bebas, sehingga akan mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.
  • Mencegah penuaan dini
Senyawa beta-karoten, vitamin A, C dan zinc dalam labu juga bermanfaat alami untuk memperlambat proses penuaan, seperti mencegah kulit keriput dan dapat menghaluskan kulit.
  • Mengurangi resiko hipertensi
Labu juga mengandung kalium, yang berguna untuk membantu mengurangi resiko darah tinggi.
  • Mencegah sembelit
Serat yang relatif tinggi pada buah “Halloween” ini juga yang sangat baik untuk menjaga sistem saluran pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Memperkuat Tulang
Zinc bermanfaat untuk memperkuat massa tulang dan mencegah kerusakan dini sel-sel tubuh oleh radikal bebas. Makan labu yang cukup juga dapat mencegah masalah osteoporosis.
  • Anti-inflamasi dan mencegah Stroke
Labu kaya akan antioksidan beta-karotein, yang juga bertindak sebagai zat anti-inflamasi. Makan labu secara teratur bisa mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri, sehingga akan mengurangi risiko stroke.
  • Meningkatkan Fungsi metabolisme
Kandungan kalium dalam labu juga bermanfaat untuk mendukung kelancaran metabolisme. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.
  • Untuk kulit yang sehat
Labu juga kaya akan asam lemak, protein dan juga mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium,  yang berguna untuk membuat kulit menjadi lebih segar dan sehat. Makan labu juga bisa mendorong regenerasi sel kulit, serta melawan kuman penyebab jerawat. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang bermanfaat untuk membantu proses perbaikan kulit. Zinc yang terkandung dalam labu juga bisa menjadi obat jerawat.


Manfaat lainnya :

Labu kuning juga memiliki kandungan Vitamin C yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh, zat besinya berfungsi untuk pembentukan darah, kaliumnya berguna untuk menjaga keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh serta labu kuning juga mengandung serat yang berfungsi untuk pencernaan tubuh.

Labu kuning juga diketahui mengandung cukup banyak pottasium, yaitu mineral yang disebut-sebut mampu menurunkan resiko terkena hipertensi. Mineral lainnya yang terkandung dalam labu kuning adalah zinc, yang mampu meningkatkan sistem imun (pertahanan) tubuh. Belum lagi kemampuannya menurunkan resiko osteoporosis karena zinc berperan dalam mendukung kepadatan tulang. Kandungan serat di labu kuning yang cukup tinggi sangat berguna dalam kesehatan pencernaan untuk mengurangi resiko sembelit. Selain itu, menurut hasil penelitian bahwa serat juga bisa menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung.

Air buah labu kuning berguna sebagai penawar racun binatang dan bijinya dapat menjadi obat cacing pita. Air perasan buahnya juga bisa digunakan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan tradisional karena memiliki warna kuning akibat dari kandungan betakaroten.
Selain dagingnya, biji labu kuning juga mempunyai manfaat yakni untuk meringankan gejala arthritis karena didalamnya terkandung zat anti peradangan.

Beberapa manfaat labu kuning untuk bayi :
  1. Labu kuning bisa dijadikan makanan pengganti nasi, kandungan karbohidrat dan juga gizi lainnya telah memenuhi kebutuhan gizi anak dalam masa pertumbuhannya;
  2. Bagi anak usia kurang dari 9 bulan, mengonsumsi bubuk labu cukup sebesar 2,5 gram dan ini telah memenuhi kebutuhan vitamin serta kebutuhan tubuh lainnya. Selain mengonsumsi labu kuning, bayi dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan lain yang memenuhi syarat empat sehat lima sempurna;
  3. Tekstur labu yang lembut, akan membantu pencernaan anak bekerja dengan baik sehingga labu kuning baik untuk kesehatan lambung;
  4. Kandungan gizi dalam labu kuning membantu anak mempercepat proses perkembangan tubuhnya dan merangsang kecerdasan otaknya;
  5. Labu kuning memiliki rasa yang manis dan warna yang menarik, bisa dipastikan anak-anak akan menyukainya
Olahan labu bukan hanya sereal, bubur dan juga kue. Saat ini telah hadir inovasi baru dari labu sebagai makanan pendamping semisal eskrim, makanan ringan, sirup, saus manis, selai, permen dan makanan lain yang banyak disukai anak-anak;Air buah dari labu kuning dipercaya mampu membunuh racun dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk kesehatan anak yang masih rentan terhadap racun, bakteri maupun virus dari luar.

1 komentar: