Selasa, 08 Desember 2015

Ayam Geprek Pedas dan Nikmat






Ayam Geprek adalah sajian makanan ayam goreng tepung dengan cara digeprek / ditumbuk dengan ulekan bersamaan dengan sambalnya hingga daging menjadi rata. Makanan khas kota Yogyakarta ini memang sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Berbahan dasar ayam yang dilumuri tepung membuatnya menjadi crunchy serta nikmat dan dicampur sambal yang khas dengan tingkat kepedasan yang bisa anda pilih sendiri dalam menginginkan jumlah cabai.

Memang dalam makanan yang satu ini terkenal dengan sensasi level pedasnya yang bisa membuat perut anda bergejolak dan mengeluarkan banyak keringat serta raut wajah anda akan berubah pada saat memakannya. Penyajian yang masih hangat dengan kriuk yang banyak disukai masyarakat Indonesia membuat makanan yang satu ini dijadikan makanan favorit terutama bagi para pecinta pedas sejati. Tak tanggung-tangung sampai ada orang yang meminta diatas 20 cabai, dibayangkan saja sudah merinding kali ya. Jadi bagi anda yang tidak terlalu menyukai makanan pedas disarankan meminta jumlah cabai yang sesuai dengan kemampuan anda saja.

Ketika anda memesan ayam geprek anda akan ditanyai jumlah cabe yang dinginkan. Di warung geprek ini juga menyediakan tempe, tahu dan telor yang bisa langsung dicampurkan dan ditumbuk bersamaan dengan daging ayamnya.

Ada berbagai manfaat yang didapatkan dari makanan pedas :
  1. Dapat melancarkan pernapasan, bertindak sebagai ekspektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis dan penyakit pernapasan lain sehingga dapat bernapas menjadi lebih baik.
  2. Menyehatkan jantung, cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  3. Antikanker, mengkonsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi resiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat disekitarnya.
  4. Menjaga Mood, cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.
  5. Menghilangkan gejala flu, capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu.
  6. Menurunkan berat badan, cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

Cara membuat ayam geprek juga mudah, bermodalkan cobek dan ulekan anda sudah bisa membuat makanan ini dirumah. Bahan dan bumbu yang banyak tersedia dipasar juga menjadi alasan makanan ini banyak digemari. Bagi yang ingin membuatnya sendiri dirumah, berikut  bahan, bumbu dan cara memasaknya.


Bahan dan bumbu :
  • ayam goreng crispy bagian dada 4 buah
  • bawang putih 4 siung
  • garam secukupnya
  • cabai rawit yang sudah tua dan berwarna kuning kemerahan sesuai selera

Cara memasak :
  • Pertama haluskan bawang putih bersama cabai rawit dan beri sedikit garam.
  • Jika sudah tumbuk halus, masukkan ayam crispy tadi dan kemudian digeprek / ditumbuk sampai halus dan bercampur dengan bumbu. Kini ayam geprek siap disajikan bersama nasi putih dan lalapan yang anda inginkan.

Makanan ayam geprek ini merupakan makanan yang sehat dan bergizi, jadi tidak masalah jika dijadikan makanan favorit sehari-hari. Hanya saja tingkat kepedasan harus ditentukan sesuai tingkat kemampuan ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Silahkan kunjungi juga  http://makanansehatdanbergizitinggi.blogspot.co.id/2015/12/tongseng-ayam-pedas-manis.html

1 komentar: